×

Warning

Failed loading XML file

Pulau Rote

Published: Friday, 24 January 2014

Kabupaten Rote Ndao terbentuk pada tahun 2001 dengan ibukota terletak di Ba'a. Daerah ini sebelumnya adalah bagian dari Kabupaten Kupang. Kabupaten ini terkenal dengan obyek wisata yang beragam, dan beberapa obyek wisata yang sudah mendunia yaitu Pantai Nemberala dan Pantai Boa. Kedua pantai ini merupakan surga bagi para peselancar di dunia karena terkenal dengan ombak yang besar.

Akses transportasi dan akomodasi ke daerah ini juga sudah cukup lengkap. Bandar Udara Lekunik merupakan akses transportasi utama menuju daerah ini. Dari jalur laut 2 pelabuhan utama yaitu, Pelabuhan Ba'A sebagai tempat bersandarnya kapal Fery Express dari dan ke Kupang ibukota Provinsi NTT, dan Pelabuhan Pantai Baru yang melayani penyeberangan kapal fery indonesia dari dan ke Rote.

Untuk transportasi darat yang menghubungkan daerah-daerah di pelosok Kabupaten Rote Ndao dapat diakses melalui Terminal Laitasi dan Terminal Metina di Kecamatan Lobalain, Terminal Baudale di Kecamatan Rote Tengah dan Terminal Pantai Baru di Kecamatan Pantai Baru.

Rote sangat terkenal dengan Alat Musik Sasando yang terbuat dari daun pohon lontar dengan gagang tengah sebagai pengikat senar terbuat dari bambu. Sasando ini dimainkan dengan cara dipetik. Selain sasando, orang Rote juga menggunakan gong sebagai alat musik. Jumlah gong yang digunakan biasanya 9 buah dan sebuah tambur. Kerajinan Tenun ikat motif Rote Ndao : Sarung, Selimut dan Selendang.

Aneka ragam seni tenun ikat diukir dan ditenun sebagai bahan pakaian yang indah dan bermutu. Kain tradisional merupakan simbol kemartabatan dan harga diri dari orang Rote. Tenunan Rote Ndao, bergambar garis-garis lurus dan bersiku, dsb. Kombinasi warna sangant bervariasi, antara lain paduan hitam, putih dan merah menjadi ciri tenunan Rote Ndao.

Ciri Khas Budaya Rote Selain musik sasando ada topi adat Ti'i Langga atau Soulangga dan Rumah Adat Raja Rote. Selain budaya yang ada, masyarakat Kab. Rote Ndao juga memiliki budaya yang unik dan menakjubkan ketika alat musik gong dan tambur dibunyikan untuk mengiringi gerak dan tari yang dimainkan oleh warga setempat. Musik Sasando di petik untuk mengiringi lagu ? lagu Daerah Rote dan lagu nasional lainnya.

Berkunjung ke Kabupaten Rote dapat dilalui dengan : Jalan Udara dan Laut, yaitu Pelabuhan Udara yang terdapat di Kabupaten Rote Ndao berjumlah 1 (satu) buah yaitu Bandar Udara Lekunik dengan klasifikasi klas V dengan panjang landasan pacu 900 m yang terletak di Sanggaoen Kecamatan Lobalain yang berjarak 6,75 km dari Baa.

Bandara Lekunik menjadi salah satu alternatif transportasi masuk keluar Rote karena jarak tempuh berkisar 15 menit dari Kupang - Rote PP. Transportasi udara Kupang - Rote PP saat ini dilayani oleh 2 maskapai penerbangan yakni Merpati Air Lines 1 kali seminggu ( jumat ) dengan pesawat jenis Cassa 212 dan Transnusa Trigana Air 3 kali seminggu (senin, rabu, sabtu) dengan pesawat jenis ATR 42

Pelabuhan Ferry Pantai Baru merupakan pelabuhan penyemberangan utama yang melayani mobilisasi orang dan barang dari Rote ke Kupang dengan frekuensi pelayaran setiap hari. Jarak penyeberangan yang relative pendek (kurang lebih 4 jam) menjadikan sarana transportasi ini
menjadi penunjang ekonomi yang penting.

Panorama Oeng G...
Panorama Oeng Gai Panorama Oeng Gai
Pantai Ba'a
Pantai Ba'a Pantai Ba'a
Pantai Ba'a
Pantai Ba'a Pantai Ba'a
Pantai Dela Nem...
Pantai Dela Nemberala Pantai Dela Nemberala
Pantai Dela Nem...
Pantai Dela Nemberala Pantai Dela Nemberala
Pantai Dela Nem...
Pantai Dela Nemberala Pantai Dela Nemberala
Pantai Oesosole
Pantai Oesosole Pantai Oesosole
Pulau Ndana
Pulau Ndana Pulau Ndana

Lainnya...

Hits: 7357

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today229
Yesterday711
This week5245
This month23545
Total879392
Sunday, 24 September 2017

Informasi Cuaca

Kupang