×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Adat Ruteng Pu'u

Published: Monday, 27 January 2014

Kampung tradisional Ruteng Pu’u terletak di Kelurahan Golo Dukal, merupakan desa tua dengan halaman bundar yang dikelilingi batu tersusun rapi dan di tengah kampung terdapat Compang (mezbah/altar) sebagai tempat peletakan persembahan saat upacara adat.

Mbaru gendang, rumah tempat tinggal setiap klen dan tempat menyimpan gong dan gendang terletak ditengah kampung. Dikelilingi pepohonan rindang (haju Ruteng) sehingga nenek moyang menamainya Beo Ruteng Pu’u. Tiga sumber air mengapitnya yakni, Wae Lideng, Wae Moro, dan Wae Namut.

Dulu nenek moyang orang Manggarai tinggal di dalam gua dan di bawah pohon-pohon besar. Setelah membuat rumah, mereka menamainya “Mbau ru (rumah sendiri) yang artinya rumah karya sendiri. Konon, Selama berlangsungnya pekerjaan menyusun batu mengelilingi halaman atau compang, diharapkan agar tidak boleh bersuara.

Apabila tengah berlangsung pekerjaan, tiba-tiba ada suara manusia / bunyi-bunyian lain, maka pekerjaan itu tidak dapat dilanjutkan. Setiap ada masalah harus disaksikan bersama-sama dan diselesaikan secara bersama-sama. Ruteng Pu’u merupakan sebuah tempat bermusyawarah dalam mengambil keputusan sambil berjemur dan menikmati panasnya matahari pagi.

Kegiatan

Kembali ke Ruteng Pu’u seperti menyaksikan Kota Ruteng di masa mudanya. Dimana anda bisa melihat keaslian rumah adat (Mbaru Niang) serta pesona budaya upacara adat dimana Compang yang merupakan inti dari upacara tradisional Penti yang dibuat untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas panen yang melimpah dengan mengorbankan kerbau dan sapi. 

 

Akomodasi

Ruteng Pu’u tidak jauh dari kota Ruteng, anda dapat menginap di Kota Ruteng yang memiliki sarana Hotel dengan fasilitas bervariasi.

 

Kuliner

Disekitar Kampung hanya terdapat rumah penduduk, anda bisa menemukan rumah makan yang menyediakan masakan Cina, padang, maupun makanan prasmanan di pusat kota Ruteng.

 

Transportasi

Jarak Kampung Adat hanya 4 km dari pusat kota Ruteng dengan waktu tempuh 10 menit menggunakan motor atau mobil. Anda dapat menyewa ojek dengan harga terjangkau.


Lainnya...

Hits: 2608

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today237
Yesterday711
This week5253
This month23553
Total879400
Sunday, 24 September 2017

Informasi Cuaca

Kupang