×

Warning

Failed loading XML file

Situs Watu Nggene

Published: Monday, 27 January 2014

Merupakan situs kuburan tua yang berada di Desa Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba. Merupakan kuburan dari nenek moyang Suku Sesso yang berada di Wae Lengga. Di atas kuburan ini ditanami batu-batu megalitik yang tinggi dan lancip dan berdiri tegak di atas kuburan.

Situs ini berada di sebuah bukit kecil, yang dulu menjadi tempat pertempuran dengan suku Keo dari Kabupaten Ngada dalam upaya mempertahankan wilayah. Selanjutnya tempat ini dijadikan kuburan para korban dari suku Sesso.

Dari atas bukit dimana Situs Kuburan Watu Nggene ini berada, di bagian timur terlihat panorama alam yang sangat indah yaitu terdapat teluk aimere dengan laut yang teduh dan Gunung Inerie yang berbentuk kerucut menyerupai piramid.

Sekilas

Terletak di Desa Watu Nggene Kecamatan Kota Komba. Kuburan tua ini berasal dari peradaban masa lalu yang merupakan tempat pemakaman luluhur suku Seso yang meninggal saat terjadi perang antar suku Ngada dan Nagekeo. Kubur tua ini merupakan kubur Meka Nggene (kakak dari Meka Ngganu) Meka Nggene dan Meka Ngganu adalah anak dari Meka Mbera dan Bhopo Ruju yang berasal dari suku Seso. Suku Seso memperoleh tanah dari suku Suku Rombo yang ditanami pilihan menhir berbentuk lancip dan pipih. Ukuran batu menhir disesuaikan dengan strata sosial.

Transportasi

Watu Nggene dapat ditempuh dari Borong dengan jarak 35 dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan berkendaraan. Letaknya cukup strategis karena hanya berjarak 250 meter dari jalur utama Trans Flores dan sangat dekat dengan obyek wisata pantai Mbalata dan Pantai Wae Wole.

Lainnya...

Hits: 880

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today165
Yesterday1162
This week5072
This month18675
Total814718
Saturday, 22 July 2017

Informasi Cuaca

Kupang