×

Warning

Failed loading XML file

Gua Alam Cingcoleng

Published: Monday, 27 January 2014

Gua Cingcoleng sebelumnya merupakan gua alam yang kemudian diubah menjadi tempat ziarah rohani yang banyak diminati oleh umat katholik di Manggarai dan dari luar daerah. Hal ini terjadi karena Gereja Katolik setempat telah menempatkan sebuah patung Bunda Maria setinggi 1,5 meter di depan gua lalu menetapkannya sebagai tempat ziarah rohani.

Saat mengunjungi gua Cing Coleng, benar terasa bahwa tempat ini layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata rohani terutama bermeditasi dan mencari ketentraman batin. Cing Coleng terpisah dari keramaian dan hingar bingar kehidupan penduduk. Berada di sebuah tempat yang sunyi dan tenang, dikelilingi oleh perbukitan dan hanya sebagian kecil terdapat lembah yang di jadikan persawahan dan kebun milik warga setempat. Mendekati mulut gua, kesunyian dan ketenangan hanya bias dipecahkan oleh gemercik air yang mengalir lembut dari dalam gua.

Di depan gua berdiri anggun sebuah patung Buda Maria yang seakan menyapa pengunjung dengan tatapan penuh kasih. Salam Ya Maria... sapaan yang tersentak dari dalam hati saat menatapnya. Sampai di dalam gua terasa betul kensunyian dan kesejukan udara entah dari dalam gua maupun dari balik perbukitan. Sesekali terdengar suara detak air menetes dari stalagtit saat jatuh ke kolam kecil di bawahnya.

Berdoa atau bermeditsi di gua Cing Coleng memberi pengalaman iman yang amat berkesan. Meskipun berkomunikasi dengan Sang Pencipta merupakan pengalaman pribadi dan tentu saja setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Namun ketenangan dan ketenteraman bathin sungguh terasa sepulang dari sana. Gua Cingcoleng terletak Desa Tengku Leda 3 km dari Benteng Jawa ibu kota Kecamatan Lambaleda. Aktivitas yang dapat dilakukan: selain sebagai tempat ziarah bagi umat katolik, pengunjung di Gua Cing Coleng juga bisa melakukan aktivitas adalah menelusuri bagian dalam gua, tracking di daerah pertanian di sekitar gua.

Transportasi

Gua Cing Coleng bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat baik dari Ruteng maupun dari Borong. Jarak dari Ruteng sejauh 57km, dapat ditempuh dalam 2 jam. Jarak dari Borong sejauh 74km, dapat ditempuh dalam 2,5 jam. Jalan yang dilalui cukup bagus.

Gua Cingcoleng
Gua Cingcoleng Gua Cingcoleng
Pintu masuk
Pintu masuk Pintu masuk
Pelataran
Pelataran Pelataran

Lainnya...

Hits: 1198

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today253
Yesterday655
This week1663
This month7961
Total963965
Wednesday, 13 December 2017

Informasi Cuaca

Kupang