Labuan Bajo

Published: Monday, 27 January 2014

Labuan Bajo merupakan ibukota dari Kabupaten Manggarai Barat yang terletak di ujung barat Pulau Flores. Begitu menginjakan kaki di Labuan Bajo, maka pemandangan pertama yang akan ditemui adalah pelabuhan yang dipenuhi banyak kapal-kapal berukuran besar, sedang hingga sampan-sampan nelayan tradisional yang kerukuran kecil dengan latar belakang pulau-pulau kecil yang tak terhitung jumlahnya, yang terbentang sejauh mata memandang.

Hampir semua sudut kota Labuan Bajo menyajikan pemandangan yang menarik. Kota ini menawarkan hamparan pulau-pulau kecil yang menghadap ke kota pelabunan ini. Anda bisa merebahkan tubuh sejenak di beberapa pantai di seputaran kota seperti Pantai Pede dan Pantai Binongko, atau menikmati indahnya matahari terbenam di beberapa restoran dan café yang menawarkan view menarik.

Anda juga dapat mengelilingi kota dan mengunjungi beberapa obyek menarik di pinggiran kota seperti Gua Batu Cermin. Panorama kota semakin menarik dikala matahari terbenam yang menghadirkan warna kuning keemasan sepanjang garis pantai dengan pasir putihnya. Pemandangan seperti ini mudah ditemui disepanjang kota Labuan Bajo yang berkontur daratan berbukit-bukit kecil yang terjal. Beberapa titik-tik menarik yang menjadi favorit untuk memperoleh gambar yang menarik diantaranya, Puncak Waringin, Paradise Bar and Café, Bukit Cinta dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat menyeberang ke Pulau Rinca dan Pulau Komodo tempat bermukimnya komodo alias The New 7 Wonders of Nature. Beberapa spot disekitar Labuan Bajo juga menawarkan obyek snorkeling yang menarik dimana terdapat spesies yang tidak ditemukan di daerah lain.

Ada banyak pilihan hotel di Labuan Bajo, mulai dari hotel murah hingga hotel-hotel mewah dan mahal. Terdapat beberapa hotel yang menawarkan harga murah bagi anda yang membutuhkan penginapan murah mulai dari Rp 100.000 permalam, salah satunya adalah Hotel Wisata yang terletak di Jl. Soeharto, dan juga banyak pilihan hotel dan losmen murah lainnya.

Bagi yang membutuhkan pelayanan hotel premium terdapat banyak pilihan hotel berbintang terbaik, diantaranya Hotel Bintang Flores (www.bintangfloreshotel.com), La Prima Hotel (www.laprimahotel.baliplaza.com) dan The Jayakarta Suite Hotel (www.jayakartakomodoflores.com) yang terletak di jalan raya Pantai Pede – Gorontalo. Selain itu masih banyak pilihan hotel dan resort mewah di seputaran Kota Labuan Bajo.

Selain itu juga terdapat layanan menginap di kapal yang dilengkapi kamar tidur dan dapur. Dengan menggunakan layanan penginapan di atas kapal, anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving desekitar pulau-pulau.

Hampir setiap hotel memiliki restorannya sendiri. Selain itu, anda dapat menemukan bermacam-macam restoran di Jalan Soekarno-Hatta. Restoran di tempat ini menyajikan berbagai macam pilihan menu makanan mulai dari masakan luar negeri, hingga masakan local dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menikmati sup ikan yang sangat menggugah selera tepat di Depot Budi Luhur yang berlokasi di Pasar Lama Labuan Bajo.

Ada banyak toko penjual souvenir yang tersedia di Labuan Bajo. Khususnya, sepanjang jalan Yos Sudarso, yang menyediakan banyak jenis souvenir, diantaranya kain tenun, perhiasan dari mutiara, patung komodo dari pahatan kayu dalam berbagai ukuran dan lain sebagainya.

Anda juga dapat menemukan toko penjualan souvenir tepat di lobby bandara komodo milik Ibu Lelly, yang menyediakan kain tenun ikat khas Kabupaten Manggarai Barat dan tenunan dari daerah lainnya di NTT seperti tenunan Sumba dan dari daratan Flores lainnya, manik-manik seperti cincin, gelang, kalung hasil kerajinan masyarakat lokal, kaos bertuliskan dan bergambarkan Taman Nasional Komodo, ukiran dan pahatan kayu berbentuk komodo dan masih banyak lagi. Anda dapat menghubungi took ini di nomor 081339359646.

Untuk berkeliling kota, anda dapat menggunakan jasa penyewaan mobil dengan tariff berkisar Rp 500.000 per hari tergantung negosiasi. Di hotel tempat anda menginap dapat dengan mudah anda menemukan mobil sewaan. Selain itu juga terdapat pilihan menggunakan angkutan kota atau bemo dan ojek yang dengan mudah dapat ditemui di setiap sudut kota dengan tariff mulai Rp 3.000.

Terdapat beberapa pilihan penerbangan dari dan ke Labuan Bajo melalui beberapa kota diantaranya, Kupang, Denpasar, Ende, Maumere dan Tambolaka. Beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan jasa transportasi diantaranya Trans Nusa, Wings Air, Sky Aviation dan Merpati Nusantara. Penerbangan tersedia setiap hari, sehingga memudahkan bagi anda untuk dating ke Labuan Bajo.

Untuk pilhan transportasi laut, terdapat layanan kapal feri yang melayani rute Labuan Bajo-Sape setiap harinya dengan tariff sekitar Rp 50.000 per orang. Selain itu juga terdapat pilihan Kapal Pelni tujuan Bali dan Makasar. Untuk perjalanan darat, terdapat pilihan travel dan bus antar kota, dengan tujuan Bajawa, Ruteng, Ende hingga Maumere.

Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. Namun Anda dapat membeli perlengkapan ini di supermarket di kota atau dari toko hotel.

Bukit cinta
Bukit cinta Bukit cinta
Lautan Labuan B...
Lautan Labuan Bajo di sore hari Lautan Labuan Bajo di sore hari
Pasar ikan keri...
Pasar ikan kering di Kampung Ujung Pasar ikan kering di Kampung Ujung
Suk Ikan Kerapu...
Suk Ikan Kerapu di restoran Budi Luhur Suk Ikan Kerapu di restoran Budi Luhur
Bersantai di pi...
Bersantai di pinggir pantai Bersantai di pinggir pantai
Pelabuhan Labua...
Pelabuhan Labuan Bajo Pelabuhan Labuan Bajo

Lainnya...

Hits: 3449

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today1173
Yesterday1417
This week8590
This month32514
Total756230
Sunday, 28 May 2017

Informasi Cuaca

Kupang