×

Warning

Failed loading XML file

Prosesi Jumat Agung Samana Santha

Published: Friday, 24 January 2014

Ritual Prosesi Jumat Agung berintikan devosi terhadap Bunda Maria yang mengikuti perjalanan kisah sengsara PuteraNya, Yesus. Seluruh umat Katolik baik yang berada di Larantuka maupun yang berasal dari seluruh penjuru dunia akan menghadiri upacara yang telah diadakan setiap tahun dan telah berlangsung secara turun temurun sejak abad XV.

Upacara ini merupakan warisan peninggalan bangsa Portugis yang dilaksanakan secara bersamaan di desa Konga, desa Wureh dan yang paling akbar di Kota Larantuka. Bagi Umat Katholik dapat menikamti wisata rohani Samana Santa dan bagi wisatawan lain dapat menikmati tradisi tersebut.

Dalam puncak prosesi Semana Santa pada hari Jumat Agung atau dalam bahasa setempat disebut Sesta Vera, dilakukan perarakan patung Yesus Kristus yang secara lokal dinamai Tuan Ana, serta patung Maria serta Tuan Ma, untuk mengenang wafat Yesus Kristus.

Prosesi ini menempatkan Yesus sebagai pusat ritual dan menempatkan Maria sebagai Mater Dolorosa (bunda yang berkabung) karena menyaksikan perjalanan penderitaan putranya sebelum dan saat disalib.

Pagi sebelum puncak upacara, masyarakat juga melakukan arak-arakan Tuan Menino (bayi Yesus) lewat laut menggunakan perahu dayung kecil, sedangkan di samping dan belakangnya, masyarakat mengantar menggunakan perahu motor.

Siang hari dilanjutkan arak-arakan menuju gereja Katedral, dari sanalah titik awal prosesi Sesta Vera. Selama malam Jumat Agung, jutaan lilin dinyalakan di jalan sepanjang dua kilometer dan di depan rumah-rumah penduduk yang dilalui. Prosesi baru akan berakhir hingga menjelang dini hari.

Perarakan patun...
Perarakan patung Perarakan patung
Ritual laut
Ritual laut Ritual laut
Suasana prosesi
Suasana prosesi Suasana prosesi
Patung
Patung Patung

Lainnya...

Hits: 1375

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today173
Yesterday1162
This week5080
This month18683
Total814726
Saturday, 22 July 2017

Informasi Cuaca

Kupang