Tenun Ikat Lembata

Published: Monday, 08 September 2014

Tenun Lembata mempunyai ciri khas dengan dua atau tiga sambungan. Kain ini dipergunakan sebagai mas kawin dalam upacara perkawinan dari pihak keluarga perempuan, dan dipertukarkan dengan gelang-gelang dari gading gajah yang sangat berharga yang diberikan oleh keluarga pihak laki-laki. Semua jenis mas kawin ini merupakan warisan yang diberikan turun-temurun.

Read more: Tenun Ikat Lembata

Tenun Ikat dari Kabupaten TTS

Published: Wednesday, 19 March 2014

Lotis (diungkit) Benang  pembentuk  motif  diungkit  dari  benang  dengan  alat  khusus’’sia", kebanyakan  di  Amanuban. Kaif, berkait  dipakai  sehari-hari  orang 
kebanyakan  di  Amanuban Kfu, berbentuk motif bintang, setiap hari dipakai di Amanatun.

Read more: Tenun Ikat dari Kabupaten TTS

Tenun Ikat Kabupaten Kupang

Published: Tuesday, 04 March 2014

Motif Tenun Ikat di Kabupaten Kupang beranekaragam corak dan jenisnya misalnya motif Amfoang, Fatuleu, Amabi Oefeto, Amarasi, Helong, Rote dan Sabu. Motif ini ini terdiri dari beragam corak dan warna, dan warna yang lebih dominan adalah merah tua.

Read more: Tenun Ikat Kabupaten Kupang

Tenun Ikat Sumba Barat

Published: Wednesday, 22 January 2014

SENI dan kerajinan Sumba Barat yang paling populer adalah kain tenun. Masing-masing wilayah memiliki ragam motif dan corak tersendiri. Di wilayah Wanokaka, Lamboya dan Tana Righu ada kain panggiling, pahikung dan pawora sementara di Loli terkenal dengan kain lambaleko.

Read more: Tenun Ikat Sumba Barat

Tenun Ikat Ngada

Published: Wednesday, 22 January 2014

Tenunan Kabupaten Ngada dikenal dengan sebutan Tenun Ikat ( sapu lue dan lawo ). Tenun ikat Kabupaten Ngada ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Flores, menurut orang setempat dinamakan Tenun Ikat karena dalam proses membuat motif ada bagian benang yang diikat agar tidak terkena pewarna saat proses pewarnaan.

Read more: Tenun Ikat Ngada

Tenun Ikat Sumba Barat Daya

Published: Wednesday, 22 January 2014

Tenun ikat merupakan bagian keseharian dari masyrakat asli Sumba dalam perilaku cara berpakain. Corak warna dan motif Tenun ikat berbeda-beda di setiap suku-suku di pulau Sumba yang dibuat dengan cara tenun manual.

Read more: Tenun Ikat Sumba Barat Daya

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today1171
Yesterday1417
This week8588
This month32512
Total756228
Sunday, 28 May 2017

Informasi Cuaca

Kupang