×

Warning

Failed loading XML file

Upacara Adat HUS Ndoe di Rote

Published: Wednesday, 22 January 2014

Upacara adat Hus Ndeo merupakan rasa syukur atas berkat yang diperoleh dari hasil panen sawah, ladang, dan hasil laut. Dari upacara adat ini juga dapat diketahui hujan dan hasil panen tahun berikutnya. Dilaksanakan di Desa Boni, Kec. Rote Barat Laut pada setiap akhir Juli hingga pertengahan bulan Agustus (tergantung letak bulan).

Desa Boni berjarak + 30 km dari kota Ba’a dan dapat ditempuh dalam 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Kegiatan upacara Hus atau dikenal dengan “Pawai Kuda Berhias” yang diiringi bunyi gong dan tambur, merupakan tradisi masyarakat Rote pada umumnya.

Acara ini dilakukan pada saat selesai panen pada bulan Juli sampai dengan Agustus setiap tahunnya. Menurut perhitungan orang Rote, mereka mengadakan selamatan sekaligus acara-acara “Tolak Bala” yang dilaksanakan 3 hari berturut-turut.

Dalam acara Hus, oleh masyarakat Aduoen di Kecamatan Rote Barat Laut dimana penunggang kuda Hus dengan sikap sebagai seorang pahlawan yang gagah perkasa mulai mengitari arena yang telah disediakan yang disebut Ndeo. Selesai Hus dilanjutkan dengan membelah kelapa muda menggunakan tangan dan tari-tarian. Setelah itu rangkaian acara ditutup dengan menyembelih hewan untuk makan bersama seluruh masyarakat.

Hits: 3293

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today110
Yesterday1189
This week110
This month24190
Total944837
Monday, 20 November 2017

Informasi Cuaca

Kupang