Ritual Adat Masyarakat Sumba Tengah

Published: Friday, 05 September 2014

Kehidupan masyarakat Sumba Tengah yang masih tradisional masih kental dengan nilai-nilai budaya masyarakat lokal. Berbagai ritual dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan untuk mendekatkan diri dengan alam, tuhan dan leluhur yang masih dipercayai oleh sebagian besar masyarakat. Ritual-ritual ini kaya akan nilai historis dan budaya yang sangat kental.

Read more: Ritual Adat Masyarakat Sumba Tengah

Ritus Koke Bale di Flores Timur

Published: Wednesday, 03 September 2014

Ritual Koke Bale. Merupakan pesta adat dilaksanakan oleh orang Lewokluok, Blepanawa dan Bama di wilayah Kecamatan Demon pagong untuk memberi makan para leluhur sebagai ungkapan syukur atas kehidupan yang telah diberikan serta untuk membersihkan diri dari pengaruh roh jahat dan hal-hal kotor lainnya.

Read more: Ritus Koke Bale di Flores Timur

Atraksi Budaya di Kabupaten Sikka

Published: Wednesday, 03 September 2014

Patikarapau. Patikarapau atau potong kerbau adalah upacara kegembiraan masyarakat Palue yang memiliki makna relasi dengan Wujud Tertinggi, leluhur dan alam.Syukuran ini ditandai dengan penyembelian seekor kerbau di sekitar mesbah oleh Lakimosa. Pada saat itu masyarakat dengan wajah yang berseri menari dan memainkan musik tradisional Palue yang membuat acara ini semakin menarik. Upacara ini dilaksanakan lima tahun sekali.

Read more: Atraksi Budaya di Kabupaten Sikka

Tradisi Natoni di Kabupaten Kupang

Published: Tuesday, 04 March 2014

Kelompok Natoni/bertutur atau berpantun bersahut-sahutan merupakan sebuah budaya masyarakat Kabupaten Kupang Khususnya di pedesaan dalam rangka mentambut perkunjungan tamu atau acara pesta dan acara-acara lain yang sifatnya merupakan upacara adat.

Read more: Tradisi Natoni di Kabupaten Kupang

Atraksi Pati Ka Dua Bapu Ata Mata di Danau Kelimutu Ende

Published: Friday, 24 January 2014

Atraksi ini merupakan upacara memberi makan para leluhur yang dilaksanakan di Kawasan Danau tiga warna Kelimutu yang oleh masyarakat Ende - Lio diyakini sebagai tempat bersemayam para arwah yang telah meninggal.

Read more: Atraksi Pati Ka Dua Bapu Ata Mata di Danau Kelimutu Ende

Upacara Misa Leva di Desa Lamalera

Published: Friday, 24 January 2014

Upacara ini dilakukan pada tanggal 1 Mei setiap tahun yang bertempat di Lokasi Namang Bataona kemudian dilanjutkan di Kapela Santo Petrus yang terletak di Pantai Lamalera. Upacara dengan tradisi agama katolik ini bertujuan untuk membukla musim leva/musim melaut.

Read more: Upacara Misa Leva di Desa Lamalera

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today1173
Yesterday1417
This week8590
This month32514
Total756230
Sunday, 28 May 2017

Informasi Cuaca

Kupang